Saturday, May 25, 2013

Kain dan Habel


Ibadah Sore JKI Injil Kerajaan
Minggu, 29-05-2011
Pembicara : Bpk Pendeta Petrus Agung Purnomo
Ayat Firman : kejadian 4 : 1-16

Pak Petrus Agung mengawali ibadah hari ini dengan doanya kepada Bapa 
"buat kami makin sadari tak ada pilihan lain dalam hidup selain rela diubah Tuhan setiap saat. buat kami tidak berhenti untuk berubah. kedewasaan, cara berfikir, iman, hidup pekerjaan, kekudusan, semakin hari makin disempurnakan. hingga tiap orang tidak ada yg terlewati oleh TUhan. buat kami menghargai anugerahMu yg dengan limpah telah Tuhan beri. buat kami tidak keluar dari jalur Tuhan. biar kebenaran sejati masuk dalam hati kami. kemulyaan bagi Yesus karena semua dari Dia."

beberapa hari yang lalu Roh Tuhan bertanya pada pak Agung mengapa kain membunuh habel? Pak Agung jawab ya karena dia iri. Roh Tuhan berkata banyak orang yg iri tapi tidak sampai nekat bunuh adik kandungnya sendiri. kain memutuskan untuk menghabisi nyawa adiknya sendiri. Tuhan bertanya.. kenapa??? Tuhan selalu memancing minat pak agung untuk hal2 yang illahi, maka Tuhan berbicara kepada Agung ketika pak Agung memiliki minat yang lebih untuk cari Tuhan. lalu pak agung minta Tuhan Roh Kudus bercerita kepada pak Agung.

Dalam Surat Yudas, Tuhan bilang jangan ikuti jalan yang ditempuh Kain. mengapa kita perlu belajar tentang Kain??

sebetulnya kain mengerti sampai akhir dia ga akan menang dibanding cara adiknya si habil dalam mempersembahkan kepada Tuhan. kain sadar kalau dia sedang bertanding dan sampai kapanpun dia ga akan menang. maka cara termudah adalah membunuh dia. kain sedang mengalami sindrome kakak yg tak bisa menang dari adiknya. sindrome senior yg tak bisa lawan junior. sindrome yg tidak mau belajar mengejar ketertinggalannya. kesalahan kain yg terbesar adalah dia tidak punya hati yg mau diajar. yang ada di pikirannya hanya : pokoknya aku ga mau kalah, ya aku seperti ini, ya udah begini ini, tapi aku harus menang.
kita harus bisa fleksibel dan teacheabale. kita harus mau diajar dan mau diubah. suatu hari kita bisa jadi seorang pemenang. orang yg mau diajar akan menang. harusnya dia ga bunuh adiknya.  

pak agung pernah makan daging kambing batibul (bawah tiga bulan) di  tegal slawi. rasanya empuk karena dagingnya masih muda. di purwokerto, sampai temanggung kelaparan, lalu dia beli sate kambing ternyata bandot. alot.  jadi ga abis makannya. umur kita boleh bertambah tapi kita harus tetap punya hati yg mau dididik, harus mau dibentuk mau diajar. jangan matikan visi yg lebih muda, mari kompetisi yg terbaik untuk tuhan dan mau berubah. jangan tiap kali lihat yg lebih baik dari kita kita bilang dia harus dihentikan.. tapi justru kita harus kerjasama dengan dia.

hidup orang kristen ada 2 pilihan :
1. jadi hama, yg ga mau berubah dan ga mau dididik, jadi hama
2. jadi maha, jadi mahasiswa, berkarya, hebat, lalu lahirlah mahakarya. itu mau berubah

roma 12:2 janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu sehingga kamu bisa bedakan manakah kehendak Allah, apa yg baik, yang berkenan dan yang sempurna

kehendak Tuhan ada 3:
1. baik
2. berkenan, bisa diterima
3. sempurna

kita harus miliki perubahan untuk bisa mengerti kehendak tuhan. untuk mengerti kehendak tuhan kita harus memiliki pembaharuan akal budi yang artinya harus ada metamorfosis (metamorfosis...perubahan bentuk) bisa berubah jadi kupu2 indah. kalau ga mau diubah akan jadi hama seperti ulat bulu :  gangguin orang lain, mengerat makan, ga ada hasilnya. tapi kalau mau diubah bisa jadi kupu2. tapi kalau ga mau diubah, kita akan dilibas oleh perubahan jaman. contohnya : jaman pak agung kecil suka dengerin lagu koes plus. ngarang banyak lagu bagus cinta indonesia menghargai indonesia. salah satunya bukan lautan hanya kolam susu. kail dan jala cukup untuk menghidupimu. sekian waktu berlalu indionesia tetap pakai kail dan jala padahal sekarang tiba2 berbondong2 kapal asing Jepang datang mengambil ikan. mereka ambil bikin lorong sonar, maka ikan ditarik ke arah mereka maka jutaan ikan akan mendekat dan masuk ke kapal diproses dan setelah keluar dari kapal, keluarlah sarden beberapa keluar ikan segar. sementara kita hanya nyanyi koes plus kail dan cacing. ikan kita dicuri, sementara orang2 berkata, kita tidak usah berubah... mereka pakai sonar dan satelit kita bangga pakai cacing, malah cacingan. hihi.. kalau mancing yang  ditarik daster, sepatu, sendal.. hihi..

ini adalah gambaran kita mau berubah atau ga.. sama seperti gereja.. gereja juga harus berubah. waktunya gereja menggarami dunia, jangan ajak pak agung kembali ke jaman 60an, kita harus bergerak maju jangan nyanyi lagu : aku masih seperti yang dulu. kita harus maju, kapasitas kita harus ditambah. kita ikuti arusnya tuhan, karena harus ada metamorfosa dalam cara berfikir kita dan dalam manusia roh kita, hingga akhirnya ada yg sempurna dalam hidup kita. kita harus berubah agar kita tidak punah . seperti "gaya bisnis" kalau kita pakai gaya bisnis yg lama, maka bisnis kita akan punah,. dulu sebelum ada mc.donald makanan lama sekali disajikan, tapi akhirnya ada penemuan seperti mc.donald  yang bisa cepat saji dan ratusan pelanggan ga perlu antri dan keuntungan makin besar.
mari kita terbang naik. jangan lihat terus ke bawah. minta tuhan ubah sampai kita dibawa terbang tinggi

mengapa kain merasa ga bisa menang. kalau kita bersaing dngn orang yg motivasinya cuma cari uang/hidup enak, cari jodoh,...ah... mereka  itu gampang dikalahkan. dan suatu hari mereka akan berhenti cari tuhan ketika standart yang mereka tentukan telah terpenuhi. tapi lawan kita yg paling tangguh adalah orang yg obsesinya cari Tuahn.jaman kain dan habil mereka vegeratian. lalu mengapa habil pelihara ternak? karena obsesinya ia ingin persembahkan lemak terbaik untuk tuhan. obsesi ilahi ingin lakukan semua untuk tuhan. tapi si kain,kakaknya ia kerja untuk dirinya sendiri. habil jadi orang yg unstopable. jadi satu-satunya cara menghentikan habil dan menghindari kekalahan demi kekalahan adalah dengan membunuh dia. kita harus miliki obsesi untuk kejar tuhan dan menjadi orang yang tak terhentikan.

contoh obsesi : ada orang yang punya obsesi tujuan hidup kawin punya anak 3, jadi kaya, sekolahkan, shoping, bisa gesek, tiap bulan 300jt. mantab lah.. maka anda akan diberi kalau diberi segitu. tapi kalau kita berdoa untuk bisa memberi makan bagi bangsa. maka tidak mungkin TUhan tidak beri yang tuhan suka. "Tuhan punya selera tinggi, dan selera Tuhan ga selera rendahan". mana munginn kita tidak diberkati. mereka tidak akan menang karena yg didalamnya mengerikan. jadilah kita unbeatable.

orang ke2 yg kita pelajari : yusuf. punya mimpi, mimpinya ajaib. ayah ibunya menyembah dia. tapi ia hidupi mimpinya. ayahnya beri jubah indah sbnrnya hanya pemimpin yg pakai jubah indah di jaman yusuf. dia cerita semua mimpinya ke saudaranya. jubahnya dicabik, dirobek, dicelub darah domba. mengapa mereka mau bunuh yusuf?? sebenarnya yang ingin dibunuh oleh saudara yusuf bukanlah yusuf tapi "impiannya" kejadian 37 : 1-11,  ---> mengundang kebencian(ayat 4) , lebih benci (ayat 5), makin benci (ayat 8), dan akhirnya iri (ayat 11).
pasal 37:19 tukang mimpi (mereka terganggu dengan impiannya...setan terganggu dengan impian besar... kalau mimpi kita cuma kail dan cacing, iblis suka.. karena kita ga akan menggenapi impian besar buat Tuhan) walaupun yusuf sering melaporkan kpd bapaknya yg tidak disukai adalah impiannya. dan kita lihat nanti bagaimana mimpinya itu... yg ditakuti mimpinya dan impian yusuf...

kita diajar masuk masa keemasan dan puncak kejayaan. orang mulai gusar.. mengapa kita menyanyi hal-hal yang besar??sebab kalau kita bermimpi hal besar, maka ada peluang itu terjadi ... kalau kita nyanyi setelah itu terjadi, itu bukan iman... jangan ngomong Tuhan kalau kita tidak punya iman... jadilah menurut imanmu... daripada mimpi mancing di banjirkanal... mimpi lah yang besar mimpi bahwa kita bunya allah yang besar...

Jadilah seperti anak kecil selalu bicara yang besar besar... contohnya ada anak yg bilang : ayam bpkku segede drum..duwe motor mabur 300.mabur2.  nama bapakku gatot aryanto GA... ( padahal GA singkatan garuda hihi...)

jangan jadi orang kristen yang mimpinya biasa aja, yg penting hapi bahagia...
jangan katakan itu pada rasul paulus ...karena di filipi 3 : 13,14 berlari mengejar hadiah yaitu panggilan sorgawi (high calling) dari allah dlm kristus yesus. jangan miliki low calling. hidup cuma 1x kita pakai untuk mengejar high calling. low calling hanya untuk rumah tangga. yg penting kita diberkati. artinya punya mobil, punya rumah, nanti orang dunia akan bertanya.. ah ternyata orang kristen cuma gitu tok ya... orang dunia yg bikin waterboom. itu low calling. pabriknya orang dunia yg punya. anda taruh standart di mana??

high calling itu ketika kita bisa sekolah dan kita bisa sekolahkan orang lain... high calling itu ketika kita jadi profesor dan kita bisa mencetak buanyak profesor... high calling itu tidak hanya kita yang masuk surga tapi kita bawa jutaan jiwa masuk surga. buat malaikat pingsan karena banyak jiwa masuk ke surga... jangan habiskan waktu yg hanya bermimpi hal kecill..miliki iman..

jangan letakkan standart yg kecilll...
kita berdoa punya pasukan yg punya obsesi yg sama..yg menyukakan hati tuhan


hineni itu bukan gaya hidup melarat.

mengapa kita punya banyak penari di depan?? saat ini dengan penari2 ini kita sedang mau percaya bahwa suatu hari kelak ita jadi prince and princess nya tuhan.

yohanes 4:34
inilah rahasia hidupnya : kata yesus kepada mereka makananku adalah melakukan kehendak Dia yg mengutus aku dan menyelesaikan pekerjaanNya.

SMA tuhan panggil. pak agung minta dipotret. mau bergaya seorang pendeta. padahal pak agung dulu minderan. tapi karena berasa ada panggilan tuhan, dia mau difoto. pinjam jas papinya. hari ini tidak sedang bergaya. suatu hari pingin khotbah bahasa inggris. dia beli alkitab bekas. tinggal 1 jelek. di depan kaca khotbah seperti seolah bicara ke banyak bangsa sekarang pak agung sudah khotbah di  40bangsa. dan jadi orang asia pertama yang jadi pembicara di konfrensi moriss celulo.. maka bermimpilah. kalaupun orang bicara itu ngomong besar... tetaplah bermimpi. maka bila suatu ketika tuhan lewat, ada 2 orang yang TUhan lihat... yg satu ngomel, maka  tuhan  berfikir... ah..dia ini seperti orang israel... maka tuhan bilang muterrr lagi ke padang gurunnn.... tapi ada satu orang yang ketika tuah lihat... dia tetap bermimpi...malah tuhan ternyuh dan mengiyakan...

mintalah anugerahnya yg memapukan kita.

yohanes 12: 17,18,19
tidak berhasil menghentikannya. Tuhan Yesus tidak terhentikan. ibaratnya yg lain makan sate, bubur ayam, tapi tuhan makan firman. seperti makan besi beton. karena tuhan kita tuhan yang tak terhentikan
jangan biarkan perkataan apapun menghalangi kita mendapat hadiah yg bisa kita dapatkan.. hadiah kita adalah panggilan sorgawi...

"impian dahsyat" ternyata adalah hadiah bagi kita... high calling adalah hadiah bagi kita... kalau kita mau hadiah yg besarrr...maka mimpilah dan berimanlah yang besarrr....


 Besok kamis tuhan mau sampaikan sesuatu yang kuat ... karena orang kuat ada kuburnya tapi yesus ga ada kuburnya. disaksikan 500orang saksi Ia naik ke surga.. ikut tuhan akan jadi orang yg beda, jadi orang beda harus siap dengan segala hal...
kamis tanggal 2 jam 6 sore  ibadah kenaikan tuhan.


-Amen- Gbu


No comments: