Saturday, January 7, 2012

Belajar dari bani Korah

Khotbah JKI Injil Kerajaan
Minggu pagi, 08.01.2012
Bpk Victor

maz 84:1-13
ditulis oleh bani korah, anak dari Korah sekelompok orang tertolak. ia selalu berontak pada musa dan harun.  termasuk kolongan pengkhianat/pemberontak. orang yg pernah kalah dalam hidupnya tapi ga pernah berhenti. ia coba bangkit dengan cara yg rohani.

bila di 2011 banyak yg mengalami kegagalan, tahun ini tebus dengan kekuatan Tuhan. supaya apa yg gagal di 2011 tahun 2012 bisa ditebus. seperti ketika barang kita digadaikan tapi kita ambil balik tahun ini.

meskipun orang mencap bani korah jelek tapi ia tetap mau dekat dengan Tuhan. tapi dikatakan di ayat itu berkata ingin 'berkata ketemu Tuhan di 'pelataran-pelataran'Mu. mengapa mereka tidak berkata masuk ke ruang maha kudus? mereka merasa ga layak karena mereka tergolong pemberontak.mereka sadar akan diri mereka . mereka dari suku lewi tapi tidak berani masuk ke ruang kudus bahkan ruang maha kudus karena mereka merasa tidak layak sebagai keturunan pemberontak.yang boleh masuk hanya imam besar. di dlm pelataran ada mezbah bakaran dan korban ukupan, di ruang kudus ada kaki dian dan meja unjukan roti. di ruang maha kudus ada tabut Tuhan.

Bani korah berseru dan berteriak. ia tidak punya apa-apa. tapi ia mau buat sarangnya nempel di mezbah Tuhan. mezbah adalah lambang sesuatu yg tidak enak. lambang pengorbanan. tapi bani korah tidak perduli yg lain. bila itu menyenangkan hati Tuhan, ia rela buat itu. tinggal bersama TUhan. dia sudah tidak punya harga diri, nama baik. dan ia taruh semua kekuatannya di dlm Tuhan dan ia berbahagia. berbahagia artinya tenang dan terima berkat.

tahun ini Tuhan janji ajak kita naik ke gunung Tuhan. tapi perlu kekuatan Tuhan. puncak gunung membuka inspirasi. pencapaian yg hebat. tapi di lembah Ia mendewasakan kita. mencapai puncak tanpa kedewasaan kita mudah jatuh. tapi saat kita dewasa dan kita sampai di puncak maka kita tidak akan terjatuh.

lembah baka artinya tangisan. Tuhan akan mengubah tangisan menjadi mata air. di lembah kita mengalami banyak air mata. tapi kalau kita masuk dengan kekuatan Tuhan maka ada kuasa pembalikan keadaan. ratapan air mata menjadi mata air. bila kita masuk dengan kekuatan Tuhan, kita mengubah kutuk jadi berkat.

Hujan awal musim menyelubungi dengan berkat. berkat artinya kolam-kolam. Hujan yg turun dari Tuhan mengisi kolam-kolam berkat hidup kita. Tuhan beri kita kemampuan daya resap yg besar. Untuk menampung hujan dan kolam perlu cekungan-cekungan. cekungan itu adalah sikap hati hineni, kerendahan hati. rendahkan diri dalam setiap aspek hidup kita. orang yang rendah hati mau dilatih dan mau diajar. dia akan memperkuat dirinya.

Tuhan adalah matahari dan perisai. Tuhan beri terang seterusnya. tidak ada malam. Orang perang bisa berhenti karena matahari tenggelam. walaupun hampir menang tapi kalau matahari tenggelam maka perang bisa berhenti. tapi Tuhan berkata Tuhan adalah matahari yang tidak akan berhenti menyinari. Tuhan akan beri semua bagian kita tahun ini dan tidak akan ditahan lagi dari hidup kita.

berbahagialah orang yg percaya kepadaNya. lekatkan hati kita kepadaNya. dan taruh hidup kita di mesbahNya dan itulah saatnya Tuhan taruh kita di tempat tinggi. tidak ada gelap. terang dan perlindungan yg ada di hidup kita.

kalau kita pernah gagal di tahun 2011, ini saatnya tahun penebusan. walau hanya di pelataran, dan ga layak masuk ke ruang maha kudus, teriaklah pada Tuhan. taruh hidup kita di pelataran. sampai Tuhan datang dan berkenan keluar menemui kita di pelataran. 

Amin

No comments: