Saturday, May 25, 2013

Beda Musa dan Israel


Khotbah Bpk Petrus Agung memperingati Kenaikan Tuhan Yesus
Kamis, 02.06.2011
18.00wib

pada hari kenaikan Tuhan Yesus ke surga, 500 orang menjadi saksi. Ini tanda bahwa setiap kita harus menjadi kristen yang berbeda. jadi orang kristen harus berbeda karena kita memiliki tokoh yang ketika mati, Ia tidak dimakamkan. di agama lain, tokohnya memiliki kubur. tapi Yesus yang kita sembah tidak memiliki kubur, Ia bangkit pada hari yang ke-3 dan naik ke surga disaksikan 500 orang saksi. yang bisa kita lihat hanyalah sebuah kubur kosong. pengharapan kita bahwa suatu saat Ia akan kembali ke bumi dan memerintah bersama dengan kita. seharusnya kita sama dengan Yesus yang menjadi berbeda dari yang lain. tapi ternyata menjadi berbeda adalah sulit. menjadi berbeda akan terasa aneh. karena dengan menjadi orang yang berbeda kita akan diasingkan. menjadi berbeda adalah pilihan.

contoh menjadi orang yang berbeda adalah: ketika kita ada di sebuah pesta. semua orang memakai jas, dan hanya andalah yang memakai batik. maka semua mata akan tertuju pada anda. dan lama-lama anda akan merasa terasing. memang tidak salah memakai batik, tapi kita akan merasa terasing.

kita akan belajar dari Musa dan bangsa Israel. apa yang membedakan Musa dengan bangsa Israel?
ISRAEL :
1 samuel 8 : 1-20
bangsa Israel adalah bangsa yang di design oleh Allah menjadi bangsa yang berbeda. TUhan mendesign bahwa Tuhanlah yang menjadi raja atas bangsa Israel. ketika hakim di israel mangkat, maka Tuhan sendiri yang memilihkannya bagi bangsa Israel. tapi Israel tidak mau. Bangsa Israel ingin sama seperti bangsa-bangsa yang lain. di ayat 20 : bangsa Israel tidak mau menjadi bangsa yang berbeda.

Pak Agung menceritakan suatu ketika ada seorang hamba Tuhan yang memiliki gaya yang sangat berbeda. ketika ia mengebaskan jasnya, maka banyak orang yang disembuhkan, pada saat ia meniup atau menunjuk ke arah bangku ..maka sederetan orang yang ada di bangku itu akan rebah. puluhan kursi roda akan kosong karena mujizat terjadi di sana. tapi banyak sekali yang menggunjingkan tentang hamba Tuhan ini. dianggap sesat dianggap bukan pekerjaan dari Tuhan dan banyak lagi tentangan. dan ia konsultasi ke hamba Tuhan yang lain dan atas saran hamba Tuhan ini, ia berhenti melakukan gayanya yang aneh yang tidak dimiliki oleh orang lain. dan terjadilah perubahan dalam hamba Tuhan itu yang dirasakan oleh pak Agung. pada saat itu terjadi perubahan. dan mulai hilang karena ia "telah menjadi sama dengan yang lain." ia telah meragukan bahwa kuasa yang selama ini ia dapat berasal dari Tuhan dan secara tidak langsung ia menghentikan kuasa Tuhan dalam hidupnya.

Tuhan memakai setiap anakNya dengan caraNya yang unik dan berbeda. tidak akan pernah sama. setiap kita memiliki panggilan yang unik. ketika kita menghentikan keunikan yang Tuhan beri untuk kita  maka Tuhan pun akan berhenti.

Mari kita menjadi berbeda buat Tuhan. bukan berarti kita nyentrik. tapi biarlah orang-orang yang menghakimi kita itu berurusan dengan Tuhan sendiri. ingatlah bahwa "eagle flies alone dan burung emprit flies ombyokan" (hihi....istilah yg lucu tapi cukup mengena). mari kita berkata : saya bersama Tuhan adalah mayoritas.  jangan jadi sama dengan yang lain. karena dengan menolak Tuhan sama dengan kita menghentikan kuasanya.

MUSA :
keluaran 33 : 15-16
Musa ingin jalan dengan Tuhan. tidak berjalan dalam daging, tidak berjalan dalam program, tapi berjalan dengan TUhan.

bayangkan bila Allah adalah kepala dan kita tubuh. ketika kepala menginginkan untuk tubuhnya melakukan sesuatu tapi tubuh tidak melakukannya. sama seperti orang stroke.  beliau menginformasikan tgl 17 Juni 2011 ada KKR stroke. Tiap gereja memiliki keunikan dan beda satu dengan yang lain. tapi biarlah kita memiliki keunikan itu untuk Tuhan.

mari kita belajar dasar menjadi umat yang berbeda :
Yesaya 28 : 20-21
ayat 20 : apakah anda merasa nyaman sekarang?apakah tempat tidur anda nyaman sekarang?? jangan memiliki low calling. milikilah high calling. apakah murah mewah, mobil 4 cukup??mimpi Tuhan lebih dari itu. itu terlalu rendah untuk Tuhan. jangan terlalu cepat merasa puas dengan apa yang Tuhan janjikan dan beri buat hidup kita... kejarlah hadiah Tuhan...bila saat ini tempat tidurmu terasa nyaman itu tanda kamu sedang berhenti dalam pencapaianmu. jangan batasi potensi yang Tuhan beri dalam hidup kita. jangan bunuh potensi yang Tuhan beri buat kita.
ayat 21 : dikatakan ganjil perbuatanNya (ganjil = aneh ) dan pekerjaanNya Ajaib.
ayart 22 : jangan mencemooh ketika kita melihat keganjilan yang TUhan inginkan untuk kita lakukan. pak Petrus cerita waktu dulu gereja masih di Permata, mau disita, jam 12 malam pak agung dan tim berdoa, dan seorang ibu berkata dari Tuhan pak Agung harus berdiri di depan pintu gereja tepat jam 12 malam dengan tangan menengadah, tidak boleh menyapa siapapun, padahal di dpn gereja itu night club dan biasa jam 12 mlm mulai ramai. dan pak agung harus berdiri 1jam dengan tangan menengadah. dia dipermalukan, disapa satpam, banyak orang dari mobil buka kaca mobil sambil melihat keanehan itu... tapi lihatlah sekarang apa yg kita tuai..beberapa hari kemudian dapat berkat dan gereja di  Permata ga jadi disita. dan sekarang gedung Holy luara biasa... masih banyak mimpiii dan jadilah orang-orang yang tak terhentikan...

beliau cerita tentang penghotbah bernama Alex Abraham tahun 70'an. pendeta aneh yang diurapi... dan pak agung disuruh tuhan tabur untuk gereja beliau. dan beliau disuruh Tuhan mengurapi pak agung. dia nubuatkan : 12tahun aku bangun gedung gereja ini, tapi kamu Agung akan membangun gedung mu dalam 4tahun. dan ternyata benar nubuatan beliau. sebelum 4tahun Holy resmi. pak Agung dengan yakin dan mantap berkata kita tidak akan kembali ke masa lampau,,, kita akan majuu melanjutkannn dan menuntaskan apa yang Tuhan mau kita lakukan...pak Agung bilang sifat alamiah beliau bukan risk taker/ lebih memilih main di zona aman, tapi ketika Tuhan mau ia lakukan hal gila, ia tau dia cukup gila untuk Tuhan. (menurutku beliau benar-benar gembala yang tau ke arah mana ia membawa dombanya... karena ia tau siapa Tuhan yang ia ikuti )

jangan terganggu karena tidak sama dengan dunia. jangan terganggu karena menjadi berbeda. karena ketika kita terganggu, kita mendukakan hati Tuhan. kalau tidak ada lagi yang mau untuk tuhan pakai menjadi orang-orang yang berbeda...maka siapa lagi yang bisa Tuhan andalkan?? kalau Tuhan mau mendemonstrasikan keganjilan Tuhan, apakah ada tubuhNya yang mau dipakai. seperti simson yang tampil beda. dengan rambut panjangnya. rambut simson yang ga pernah dicukur itu adalah berbeda. arti nama simson adalah matahari, dan tiba-tiba datanglah delila yang arti namanya adalah : lemah dan menjadi turun. saat ini banyak delila yang datang...bahkan delila sekarang ada yg berkumis juga... hihi..lucu.. apapun yang membuat kamu turun dan dengan cara apapuun ia meyakinkan kamu untuk turun dan menjadi sama dengan yang lain...ia adalah delilaa...

wahyu 3 :14-22
jangan suam-suam kuku. miliki warna yang kuat dalam hidup. buatlah dalam hidup kita, ketika orang-orang menyebut nama kita, mereka langsung mengenal siapa kita. dan mengetahui siapa kita.

beranilah tampil beda.  dare to be diffrent.

-amen-


No comments: