Wednesday, June 19, 2013

Jubah Kerendahan Hati

Selasa, 25 Juni 2013

Matius 6 : 5-15
Nats : Matius 6 : 10

Apakah yang dimaksud dngn kerendahan hati ?
Ada beberapa syarat seseorang bisa rendah hati. syarat utamanya adalah :
1. Tahu diri (tau siapa diri kita di hadapan Tuhan)
seseorang harus punya rasa "tau diri" dihadapan Tuhan. Di hadapan Tuhan, kita ini telanjang dan terbuka. Kita harus tau dari mana kita berasal sebelum kita diambil Tuhan. Mungkin semula kita berasal dari seorang yang perokok berat, pezinah, suka nonton film porno, pernah mencuri, terlalu suka dan menikmati sebuah kebohongan, iri, dll. Bahkan sejak dari dalam kandungan kita memiliki dosa bawaan. Kita adalah orang-orang yang seharusnya masuk dalam penghukuman api neraka, tapi karena kesabaran Tuhan, IA menanti masa penghukuman karena Tuhan berfikir, kita bisa bertobat. Tuhan masih menanti kita untuk bertobat.
2. Rela diremukkan
rela itu artinya adalah dengan penuh kesadaran secara lahir dan batin menerima setiap perlakuan Tuan (Tuhan) kepada hambaNya/ budakNya. Sampai kita bisa menyanyikan lagu "ini aku, utuslah Tuhan dan kukan pergi". Mari kita baca dalam kitab Keluaran 21 : 1-6. Disana ada sebuah gambaran seorang budak, yang ia tidak tau lagi kemana ia akan pergi. karena Tuannnya memperlakukan dia dengan sangat baik, dan di luar tidak ada yg lebih baik dari Tuannya, maka ia memilih untuk mengabdi pada Tuannya, sebagai budaknya  yang mengabdi kepada tuannya karena "cintanya kepada sang tuan" seumur hidupnya. itulah gambaran hidup kita. kita tidak punya pilihan lain selain mengikut Kristus. karena ketika kita memilih mengikut tuan yg lain (iblis) maka kita akan binasa.
3. Penundukan diri
tunduk artinya tidak berontak, tidak protes dan sanggup berkata "ya, tuan" walaupun daging terasa berat, tapi tetap bisa bilang "ya Tuhan, bila itu kehendakMU" seperti sebuah lagu "makananku ialah melakukan kehendak Bapa, makananku ialah memenyelesaikan pekerjaanNya. sampai kudapatkan mahkota kemulyaan, dan memrintah bersama Dia". Paulus berkata "hidupku bukan aku lagi karena Kristus hidup di dalamku". Bagi kita yang sudah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, hidup ini tidak ada pilihan lain selain mengabdi kepada Yesus Kristus dan mentaati perintahNya. Misalnya Tuhan berkata : Assa, berhenti makan sebelum kenyang, demi kesehatanmu!! bisakah saya taat?? hadeh sussahh.. Mau ga ketika zona kenyamanan kita diambil?? berat, ketika kesenangan kita diambil, bisakan kita berkata "ya Tuhan, bila itu kehendakMU"

Contoh dalam Alkitab yang punya Jubah Kerendahan hati adalah Yusuf
*  Sifat alamiah Yusuf : sombong.  Mengapa Yusuf sombong ?
a. Yusuf lahir dari latar belakang keluarga yang berantakan. papanya punya 3 orang istri dan banyak saudara tiri yang tinggal serumah. bisa dibayangkan konflik yang terjadi di dalamnya. Mungkin kalau jaman sekarang, ini ada contohnya Eyang Subur.
b. Yusuf adalah anak kesayangan ayahnya karena dia lahir dari istri yang paling dicintai yakub. dan bisa dipastikan yakub pilih kasih terhadap anak-anaknya.karena sejak awal Yakub tidak mencintai kedua istrinya.
c. Yusuf tumbuh sebagai anak yang sangat pintar sehingga ia menjadi orang kepercayaan ayahnya, dan itu semakin membuat saudara-saudaranya iri.
d. Yusuf suka melaporkan smua kejelekan saudara-saudaranya
e. Ketika mendapat mimpi dari Tuhan, yusuf tidak menyimpan dalam hati tapi langsung menceritakan smuanya kepada saudara-saudaranya bahkan pd ayahnya. dan saya yakin, pasti cara dia bercerita sangat bersemangat dan seolah ingin menunjukkan bahwa dia sangat dikasihi Allah. yakub (ayahnya) merasa kesal, dpt dilihat di kejadian 37:10-11 tapi di sana dikatakan yakub menyimpannya di dalam hati. artinya adalah, yakub sebelumnya juga pernah mengalami mimpi dan dia berhasil mengalahkan malaikat dalam mimpinya sehingga Tuhan menamainya israel. nah, yakub tau bahwa yusuf ini memiliki mimpi dari Tuhan dan ia menyimpan dlm hati krn yakub percaya bahwa Tuhan akan buat ini jadi nyata.
f. di kejadian 37 : 3 diceritakan bahwa yakub memeberikan jubah untuk yusuf, jubah ini adalah jubah dari manusia yang menggambarkan jubah kesombongan yang membuat kebencian timbul di hati saudara-saudaranya.
* karakter Yusuf yang diperbaharui oleh Tuhan saat dalam pencobaan : setia dan sabar menanggung segala sesuatu
a. setia 
- dalam kisahnya, saat yusuf disekap oleh saudara-saudaranya dan dimasukkan dalam sumur, yusuf tidak berontak sma sekali. tidak ada dialog di sana yang menceritakan yusuf berontak, memaki-maki saudaranya, dan berteriak-teriak. yusuf hanya diam. yusuf "tau diri". yusuf sadar akan dirinya yang penuh dngn kesombongan. mungkin saat itulah matanya terbuka akan semua kesombongan yang dia lakukan selama ini. dijual sebagai budak tidak membuat surut iman percayanya pada Tuhan. yusuf setia pegang janji Tuhan dan memegang teguh mimpi yang jadi Rhema dalam hidupnya.
- meskipun digoda oleh kenikmatan sex dari tante potifar, sudah bisa dipastikan tante potifar ini cantik, sexy, wangi, bahenol, tapi yusuf tidak mau menerima smua kenikmatan semu itu. dia "tau diri" bahwa dia hanya budak kepercayaan tuannya yang seharusnya menjaga istrinya dan bukan untuk menikmati 'keintiman yg dunia tawarkan'. mungkin tante potifar ini haus kasih sayang dari suaminya. mungkin suaminya tidak bisa memuaskan hasratnya di ranjang dan terlalu sibuk,dan kenyataan bahwa yusuf yang selalu membantu dan menolong, dan itu membuat potifar suka dngn yusuf. dan seharusnya yusuf ini dihukum mati, tapi tuannya tau, bahwa dia ini tidak salah, potifar tau bahwa tidak  mungkin yusuf yg menggoda, tapi krn istrinya yg keganjenan. tapi di saat inilah yusuf "rela diremukkan" dan terima ketika dimasukkan dalam penjara. yusuf memiliki spirit of excellent yang walaupun di dalam penjara, yusuf tetap melakukan yang terbaik krn dia tau MATA TUHAN melihat di tempat tertutup dan gelap sekalipun..
b. sabar menanggung segala sesuatau
saat tidak ada satu alasan pun untuk dapat memegang janji Tuhan, tapi kasih membuatnya sabar menanggung segala sesuatu. yusuf tau dengan sangat bahwa ini adalah bagian dari rencana Tuhan dalam hidupnya. apa buktinya bahwa yusuf TAU bahwa ini rencana agung yang Tuhan inginkan dalam hidupnya?
kita lihat dalam kejadian 50 : 15-26
-keluaran 50:19-21 inilah jubah kerendahan hati yang Tuhan berikan. tanpa jubah kerendahan hati, Yusuf tidak akan dapat berkata spt itu. karena kita tahu di kejadian pasal 44: 1-2 yusuf merencakan pembalasan dendam. tapi pada akhirnya yusuf sadar bahwa ini bagian dari rancangan Tuhan dalam hidupnya untuk membawa bangsa-bangsa keluar dari kelaparan besar.
-keluaran 50: 25 bahkan ia tau bahwa ia adalah umat pilihan Tuhan dan ia percaya bangsanya akan tinggal di tanah kanaan tanah yang dijanjikan Tuhan dan yusuf mau dikuburkan di sana. ini adalah bukti bahwa Yusuf pegang janji Tuhan

Mengapa kita perlu memiliki "jubah kerendahan hati?"
 Untuk Menggenapi rencana Tuhan dalam hidup kita. 
Tuhan memiliki rancangan agung dalam hidup kita yaitu untuk "membangun kerajaan Surga di bumi ini"
dalam doa Bapa Kami disebutkan "datanglah kerajaanMU, jadilah kehendakMU di (dalam bumi ini) seperti (yang ada di dalam) surga. Tuhan ingin kita mendatangkan surga surga kecil di bumi ini mendatangkan damai sejahtera, bagi saudara-saudara kita yang blm kenal kristus dan membawa terang bagi dunia. Ketika mandat Tuhan adalah "mendatangkan kerajaan surga di bumi" itu artinya Tuhan memberikan kuasa dan otoritas dalam hidup kita untuk memenangkan banyak jiwa. memenangkan banyak jiwa bukan sebuah mandat yang asal-asalan. ini mandat yang disertai dengan kekayaan di bumi ini untuk membawa jiwa-jiwa kepada Kristus. di greja kami, Tuhan membuat banyak hal luar biasa. yang kami lakukan ada banyak hal memberi makan jiwa-jiwa. ada divisi dapur umum yang setiap hari kami beri makan ribuan jiwa dngn makanan nasi bungkus., ada divisi rumah singgah, divisi radio, divisi sekolah terang bangsa, divisi sekolah alkitab, divisi TV, divisi rumah syalom ( panti asuhan) dan sekarang kami sedang membangun rumah sakit. Tuhan beri mandat pasti disertai dengan berkat-berkat limpah. tapi ketika kita diberkati dengan limpah, bisa kah kita jalankan apa yg Tuhan mau dalam hidup kita?? bisakah kita jadi umat kepercayaanNya?? yang bisa dipercaya untuk memberi bagi banyak orang untuk memberkati banyak orang demi kemulyaan Tuhan atau malah kita pakai untuk memperkaya diri sendiri?? kita perlu jubah kerendahan hati agar kita dapat menjadi tangan kanan Tuhan dan tidak menyalahi aturan yang Tuhan buat "Tuhan harus makin dipermulyakan dan kita harus makin kecil".

Amin






No comments: