Monday, July 22, 2013

Berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku

23.07.2013
hari ini kita akan belajar dari kisah Yohanes Pembabtis. Kisah Yohanes Pembabtis ini dapat ditemukan di ke-4 kitab injil. tapi yang banyak menceritakan tentang Yohanes pembabtis ini adalah kitab Lukas. dan anda bisa baca lengkap dalam kitab Lukas 1 & 3. Saya akan membahas tentang Yohanes Pembabtis tapi saya akan ambilkan tidak hanya dari kitab Lukas tapi saya akan tambahkan dari beberapa kitab injil yang lain.

Lukas 7:18-35

Siapakah sosok Yohanes Pembabtis ?

Kita akan lihat di Lukas 1 : 11-17
disana dikatakan bahwa malaikat Tuhan datang berkunjung dan mengatakan bahwa apa yg diminta oleh Zakaria telah didengar Tuhan. dan Tuhan akan memberi mereka seorang anak. dan tidak hanya itu saja, melainkan anak ini nantinya akan menjadi seorang anak yg menyiapkan jalan bagi Tuhan Yesus. tapi pada saat itu zakaria tidak percaya (Lukas 1:20) dan ia menjadi bisu.

dalam lukas 1 : 36-37
dikatakan dalam lukas pasal 1 bahwa pada saat yang hampir bersamaan elisabeth dan maria (ibu Yesus) sama-sama mengandung. dan elisabet saat itu kandungannya udah berumur 6 bulan.

dalam lukas 1 : 41
dikatakan bahwa saat maria ibu Yesus yang waktu itu juga sedang hamil, berkunjung ke rumah elisabeth dan memberi salam, maka melonjaklah bayi yg dalam perutnya (yohanes)

dalam Lukas 1 : 66
lalu tiba saatnya elisabeth melahirkan dan zakaria terbuka mulutnya dan tidak bisu lagi dan diberilah nama bayi itu 'yohanes' dan orang-orang terheran-heran akan jadi apa dia nanti sebab tangan Tuhan menyertai dia

lukas 1 : 80
dikatakan bahwa Yohanes makin kuat rohnya dan tinggal di padang gurun sampai pada hari dimana ia harus menampakkan diri pada bangsa israel.

Lukas 3 :15-16
dikatakan bahwa Yohanes mulai mengabarkan injil pada orang israel dan orang israel mulai bertanya-tanya apakah dia inilah mesias? dan di ayat tersebut bisa kita lihat apa jawaban Yohanes atas pertanyaan bangsa Israel.

Lukas 3 : 18-20
dikatakan bahwa yohanes pembabtis memberitakan injil pada banyak orang dan memberi nasihat dan menegor herodes perihal herodes mengambil herodias sebagai istrinya. dan herodes memasukkan yohanes pembabtis ke penjara. kita bisa baca kisah pemenggalan kepala yohanes pembabtis yang lebih lengkap di kitab Markus 6:14-29. (mari kita baca Markus 6 : 17-20)

Nah, judul/ topik yang kita bicarakan sekarang adalah : berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku. mengapa saya mengambil topik ini dan apa hubungan topik ini dengan kisah Yohanes Pembabtis. saya mengambil topik ini karena ini lah yang bergejolak dalam hati yohanes pembabtis ketika dia ada di dalam penjara.Sejak dalam kandungan, Yohanes pembabtis ini dipenuhi oleh Roh Tuhan dan Tuhan menyertai dia sejak dalam kandungan tapi saat di penjara dan mengalami pencobaan dia menjadi sangat ragu, apakah Yesus inilah mesias dan  ia menjadi sangat galau apakah benar Yesus itulah mesias yang dinantikannya selama ini. betulkah Yesus adalah Mesias. dan kalau benar Yesus adalah mesias, kenapa Yesus tidak mengunjunginya dalam penjara dan tidak membebaskannya dalam penjara dan berbuat sesuatu mujizat besar baginya? kenapa kenapa dan kenapa?? seolah olah Tuhan Yesus tidak berbuat apapun dalam hidup Yohanes pembabtis. seolah olah Yohanes pembabtis ini ingin berkata "Tuhan, selama ini aku sudah mengabarkan berita tentang Engkau, dan menjadi seorang pahlawan (pahlawan kesiangan) yang membela Engkau,dan mendahului Engkau mengabarkan kabar sukacita tapi apa yang Engkau buat untukku?? benarkah kamu ini Juru Selamatku ?? seharusnya Engkau menolong aku, tapi kenapa Engkau tidak datang dan menyelamatkan aku??? "

tapi ternyata apa jawaban Tuhan ?? sangat mengejutkan ...
kita lihat dalam matius 11 : 2-6. di ayat 6 jelas sekali Tuhan Yesus berkata "dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku" Tuhan Yesus tau bahwa hati kecil Yohanes Pembabtis kecewa karena Tuhan Yesus tidak berbuat apapun untuk dia. sampai akhirnya kita tahu bahwa akhir kisah yohanes pembabtis ini tragis. kepalanya dipenggal dan ditaruh dalam talam hanya karena permintaan seorang herodias yang sakit hati (Markus 6 : 22-29)

apa yang terjadi dengan Tuhan Yesus ketika ia mendengar berita ini, kita lihat di matius 14 : 13 bahwa Yesus bersedih dan Ia ingin menyingkir dari situ hendak mengasingkan diri. Ia sedih. karena ketika kita-sebagai anak Tuhan mengaku sebagai sahabat Kristus, maka akan ada harga yang harus dibayar. bahkan DIA sendiri sebagai Allah harus mengorbankan hidupNya disalibkan, mati dan dikuburkan. Dia sendiri harus menjadi korban, karena kasihNya pada kita, dia rela mengorbankan hidupNya untuk menggantikan dosa kita yg mustinya kita pikul. bagaimanapun  juga Amanat agung untuk mengabarkan bahwa kerajaan Allah sudah dekat dan mengabarkan bahwa DIalah mesias raja dari segala raja harus digenapi.Ia harus menyampaikan kabar sukacita bahwa Ia-lah jalan kebenaran dan hidup, dan hanya melalui Yesus ada kehidupan. berapakah harga sebuah ketaatan dan kesetiaan?? mahal, ketika harus berujung pada penggalan kepala. tapi apakah itu yang Tuhan inginkan untuk terjadi dalam hidup kita? mungkin kita berfikir begitu kejamnya Tuhan menginginkan kita tersiksa seperti ini. hanya demi mempertahankan sesuatu yang kita sebut dengan IMAN.  menyakitkan tapi Tuhan berkata "berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku"

ini pun terjadi dalam kematian lazarus. dalam Yohanes 11 : 21 dikatakan marta berkata pada Tuhan Yesus seandainya Tuhan Yesus di sini maka saudaranya ga akan mati. bayangkan, betapa kecewanya hati marta. Yesus sahabat dekat mereka, tidak ada saat lazarus sakit. Yesus bisa sembuhkan banyak orang tapi ketika saudara mereka sendiri sakit, dan sampai harus mati, Tuhan Yesus ga ada di sana dan ga berbuat apapun. betapa kecewanya hati mereka. tapi ternyata kata Yesus bahwa di Yohanes 11:25 yesus adalah kebangkitan dan hidup . barangsiapa percaya kepada yesus, ia akan hidup walaupun ia sudah mati. dan kenyataannya lazarus dibangkitkan. dan di Yohanes 12:9-11 dikatakan bahwa melalui kematian dan kebangkitan lazarus, maka banyak hal besar terjadi.  "berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku" 

ini pun terjadi saat Ibu Yesus dan saudara-saudaraNya datang untuk menemui Dia, tapi Tuhan berkata : siapa saudaraKu? siapa ibuKu? mereka adalah orang2 yang melakukan segala perintahKu. (Matius 12 :46-50). menurut saudara, apa yang dirasakan ibu Yesus dan saudara-saudaraNya ketika mereka dicuekin?? sakit ati dan kecewa lah. ibu saya aja ketika saya cuekin dulu sering ngambek. gimana dengan mereka.
Tuhan Yesus yang semula anak rumahan, tiba-tiba ketika sudah tiba waktuNya, Ia mengabarkan Injil dan ga pernah pulang. kayaknya pulang sekali doang dan di sana Dia ga buat banyak mujizat krn ditolak di tempat asalNya.

saudara, ada sesuatu yang mau Tuhan katakan  "berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku" seberat apapun beban di hidupmu dan seolah Tuhan tidak ada dan tidak mendengar dan tidak menjawab setiap seruan doamu, percayalah bahwa TUhan tau yang terbaik buat mu dan buatku. bahkan dalam kematian yang terburukpun, ada hal baik yang Tuhan mau katakan.  "berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku" jangan kecewa pada Tuhan. Ia tau apa yg harus Dia perbuat dan waktuNya selalu TEPAT tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat tapi tepat waktu. jadi percayalah dan nantikanlah Tuhan. 

Amin

No comments: