Tuesday, July 2, 2013

Kekasih Hati

02.07.2013
Yesaya 1 : 2-3

Sebelum melangkah lebih jauh untuk belajar tentang 'kekasih hati' kita akan belajar tentang isi hati. 

Apakah yang dimaksud dengan "isi hati"? isi hati sama dengan perasaan. kita biasa mengerti isi hati saudara kita, sahabat kita, orang tua kita, tapi kali ini kita akan membahas tentang isi hati Tuhan.

sebenarnya apakah perasaan itu ? perasaan menurut kamus bahasa indonesia, artinya adalah "hasil/ perbuatan merasa dengan panca indra". Intinya adalah kita belajar untuk mengerti apa yg Tuhan rasakan dengan panca indra Tuhan ketika kita/anak-anak manusia di bumi ini sedang menjadi "topik perbincangan" antara Tuhan-malaikat dan iblis. 

Dalam kitab kejadian 1:27 dikatakan bahwa kita diciptakan serupa dan segambar dngn Allah, itu artinya panca indra yang kita miliki ini berasal dari Tuhan. itu sebabnya sekarang kita akan belajar untuk mengenali apa yang Tuhan inginkan untuk kita lakukan dalam hidup ini. sehingga Tuhan dapat membanggakan hidup kita dihadapan smua mahkluk ciptaanNya. sama seperti kisah ayub yang sangat dibanggakan Tuhan dalam ayub 1:6-12. sesuai dengan panca indra, maka kita Belajar untuk mengerti apa sih yang Tuhan mau dalam hidup kita, melalui :
1. indra mata Tuhan : lihat smua hal yang kita lakukan di bumi
2. indra pendengaran Tuhan : dengar kesaksian dari malaikat dan iblis, bahwa yg kita perbuat adalah menyenangkan hati Tuhan
3. indra penciuman Tuhan : mencium aroma harum dupa penyembahan kita atau cium bau busuk dosa kita
4. indra pengecap Tuhan : apakah kata-kata yang keluar dari mulut kita saat kita susah atau senang (kutuk/ penyembahan/ucap syukur)
5. indra peraba Tuhan :  apakah kita peka ketika Tuhan sentuh hati kita dan menerima setiap teguran yang jadi rhema di hidup kita atau malah memilih untuk mengeraskan hati. 

Siapakah kita ini sehingga bisa mengenal isi hati Tuhan? 
Tuhan berkata bahwa kita ini adalah mempelai Kristus dan sahabatNya, bahkan di kitab kidung agung, smua itu adalah kisah cinta Tuhan kepada kita sebagai mempelai kesayanganNya. kitab kidung agung menggambarkan begitu fulgarnya kisah kasih orang yang berkasih-kasihan. tapi itulah sebenarnya kerinduan Tuhan pada kita, mempelaiNya. begitu cintanya Tuhan sama kita. sampai bau dosa kita yang menyengat  yang busuk di hidung Tuhan, dan membuat Tuhan muak bahkan mau muntah tapi Tuhan berkata 'Aku mengasihimu nak' bahkan ketika seorang pezina yg hendak dirajam batu sampai mencium kaki Tuhan dan Tuhan bilang 'hai engkau yg ga pernah berbuat dosa, kamu boleh jadi orang pertama yg lempar batu ke wanita pezina ini' . saking cintanya Tuhan sama kita, Tuhan menutupi mataNya dari segala hal yg busuk dan buruk dari dosa dan kelakuan kita (seperti di 1 korintus 13 :4-7 kasih itu menutupi segala sesuatu). seperti ada sebuah kutipan orang jatuh cinta bilang 'tahi ayam rasa coklat'. itu kalau orang lg jatuh cinta.  Tuhan itu sangat sayang pada kita dimanapun kita berada, Tuhan tau dan mengejar kita, di mazmur 139 : 7-12 menceritakan kita tidak bisa sembunyi dari Tuhan. Tuhan kejar kita, saking cintanya pada kita. bahkan di kidung agung 8: 6 dikatakan cinta kuat seperti maut. Tuhan ingin mencurahkan isi hatiNya pada kita juga. tidak hanya melalui Alkitab, tapi Tuhan ingin juga kita mengalami pengalaman indah di masa kini bersama dengan Tuhan. Tuhan ingin membuktikan bahwa Ia adalah Allah yang sama dulu skarang dan selamanya. dan pengalaman indah itu bisa kita alami bersama dengan Tuhan ketika kita mempunyai keintiman dengan Tuhan. 

Mengapa Tuhan mengasihi kita ??
Sejak awal penciptaan, Tuhan itu merasa kesepian. di kejadian 1:1-2 dikatakan bumi itu kosong. dan Tuhan ingin menciptakan manusia menurut gambaranNya untuk menemaniNya, berbincang isi hatiNya dan menjadikan manusia itu raja-raja kecil yg membantu Tuhan memerintah seluruh isi bumi. Satu yang diminta Tuhan adalah tidak memakan buah dari pohon pengetahuan yg baik dan jahat. dan Tuhan berfirman di kejadian 2:17  bila memakannya, manusia akan mati. dan dalam keadilanNya, Tuhan tidak bisa mencabut apa yg difirmankanNya. tapi Tuhan adalah Tuhan dalam keMaha-anNya, maka ketika rencana A gagal, Tuhan punya rencana B. dan bila B gagal Tuhan punya rencana sampai Z. Dan seperti dalam sebuah pemerintahan, maka seorang Raja berhak untuk mengeluarkan sebuah aturan baru untuk menetralisir kondisi di masa yang lalu.  dan karena Tuhan menyayangkan nyawa manusia, maka sebagai gantinya Tuhan membunuh 2 ekor binatang untuk diambil kulitnya dipakai menutupi aurat manusia (kejadian 3:21) dan menurut saya binatang ini adalah 2 ekor domba. karena di perjanjian baru dikatakan bahwa Tuhan Yesus Kristus adalah Anak Domba Allah yg menebus dosa manusia. Nah di perjanjian lama, diceritakan bahwa manusia itu tidak bisa datang kepada Tuhan tanpa membawa persembahan yang hidup. dan dikisahkan ada berbagai macam persembahan di perjanjian lama. dan identik dengan nyawa. karena apa, karena kita tidak bisa menjumpai Tuhan dalam kenajizan. hanya orang kudus yang dapat melihat Tuhan. oleh karena itu harus ada yg dikorbankan. Nah Tuhan melihat bahwa tidak semua manusia bisa diselamatkan bila terus menerus dengan mengorbankan korban sembelihan untuk datang kepada Bapa. karena 1 ekor domba mewakili seorang manusia, maka Tuhan memiliki sebuah rencana Agung yaitu mengorbankan Tuhan Yesus, AnakNya yang Tunggal yang rela mengosongkan diriNya dan menurunkan derajat KeilahianNya untuk menjadi seorang manusia dan disalibkan untuk menanggung dosa kita (filipi 2:5-11). karena Tuhan Yesus tidak berdosa. Dalam perjanjian Baru Tuhan ingin menunjukkan bahwa Ia adalah Allah yang penuh kasih bahkan  dalam yohanes 3 : 16  menyatakan betapa kasih Nya pada kita sehingga rela memberikan AnakNya yg tunggal untuk menebus kita. dalam roma 5:18-19 dikatakan bahwa oleh kristus kita diselamatkan, sehingga manusia tidak perlu lagi mengadakan korban tebusan dosa untuk bisa datang kepada Allah. 

Apa balasan kita sebagai seorang mempelai yang telah dikasihi begitu rupa??
yang harus kita lakukan adalah melakukan apa yg Tuhan perintahkan dalam hidup kita dengan taat dan setia. melakukan tidak hanya demi nama baik kita, tapi lakukan semua itu dengan gairah dan hasrat cinta pada Tuhan dengan sangat.

yohanes 15:9-17 dikatakan bahwa Tuhan tidak lagi menganggap kita sebagai hambaNya tapi Kristus mengangkat derajat kita menjadi seorang sahabat buat Dia. Bahkan Ia berkata Ia rela memberi diri untuk kita, sahabatNya. Sehingga sudah sewajarnya dan sudah seharusnya kita "belajar" untuk mengerti dan mengenali semua hal yg menyukakan hatiNya atau bahkan hal apa saja yang tidak disukaiNya.  sama seperti kita berusaha mengenali apa kesukaan pacar/kekasih kita, kita juga harus mengerti apa yg Tuhan suka, dan apa yg Tuhan benci.

ada pepatah mengatakan:
Orang butuh dokter, tapi belum tentu cinta dokter. 
Sama seperti ke Tuhan, kita mungkin butuh Tuhan, tapi belum tentu  kita mencintai Tuhan.. 

di  Yohanes 15 ayat 17  Tuhan berfirman agar kita  'mengasihi seorang akan yang lain'. dan misi yang utama yang Tuhan mau adalah 'jiwa-jiwa' seperti di Matius 28:18-19.  mengapa tujuan Tuhan agar jiwa-jiwa datang kepadaNya? agar smua manusia beroleh keselamatan di dalam Kristus. Tuhan ingin semua manusia diselamatkan dari maut dan beroleh hidup yang kekal.

jadi bila kita benar-benar mengasihi Tuhan, dan mencintai Tuhan, kita pasti akan lakukan apapun untuk menyukakan Tuhan dan bila Tuhan ingin jiwa-jiwa, maka kita siap menggelar karpet merah untuk menyambut Tuhan datang ke dunia untuk yang kedua kalinya.

Amin

No comments: