Sunday, December 29, 2013

tips pergi ke luar negeri - singapore

hm... banyak alasan mengapa seseorang mempunyai cita-cita untuk mengunjungi negara lain. termasuk saya. sebenernya antara pengen dan ga pengen.. ketika setahun yang lalu temen saya ngajak pergi ke singapura, saya hanya mengernyitkan dahi. karena pada tanggal yang sama dengan keberangkatan saya ke singapur, adalah tepat setahun tanggal meninggalnya ibuk. sedikit mencibir, sedikit kuatir, sedikit nekat, sedikit sedih, sedikit gundah.. yah fifty-fifty lah.. akhirnya.. nekat jg memutuskan berangkat. apa alasannya memilih singapura?? yah, dulu karena ngikut temen aja, karena dari 7 orang yang memutuskan ikut, 2 orang diantaranya udah pernah ke sana. so.. nekattt... tapi setelah balik dari singapura, saya ngerti dan saya bersyukur karena saya pernah menginjakkan kaki ke negeri itu. bukan demi gengsi atau buang duit buat shopping, tapi krn selama 5 hari di sana saya banyak belajar hal baru yang ga bisa ditemui di indonesia.emang singapore ga exotis dan cuma menawarkan gemerlap spt kota besar yang teratur rapi dan bersih. yah spt miniatur amrik atau australia lah.. yang saiya suka krn keadaannya yg teratur bersih dan pakai teknologi baru yang aku sendiri masih gagap. jadi seru dan asyik lah petualangannya...
1. pertama kali bisa pake dan copot sabuk pengaman pesawat terbang
2. pertama kali ngerasain deg-deg-an nya check bagian imigrasi
3. pertama kali ngerasain kaki gempor karena nyaris ketinggalan pesawat balik indo
4. pertama kali ngerasain lari-lari jam 11 malem ngejar keburu ga naik MRT berkali-kali hampir tutup.
5. pertama kali nonton film 4D shrek
6. pertama kali nonton film 4D transformer naik jetkosterrr... gila.. seru abis
7. pertama kali nonton song of the sea yang memamerkan lightning keren, kembang api dan pantulan cahaya dengan air laut.
8. pertama kali nonton pantulan sinar ke giant singa gendut dan efek yg keren abis.
9. pertama kali nya ngerasain sensasi naik sentosa express yg lebih tepatnya MRT tapi jalannya pelan ngelilingin sebuah pulau, dan itu berujung di sebuah mall yang namanya vivo city. bayangin.. di dlm mall ada MRT..
10. pertama kali nya ngerasain air minum gratis di bandara dan airnya dingin kayak air kulkas. di indo mana ada...
11. pertama kali liat banyak kebun dan taman yang tertata apik dan rapih.. dengan pengelolaan yang keren bahkan dengan tata lampu yang okey punya jadi kalo mlm ga terkesan horor. karena biasanya kalo di indonesia pasti dikaitkan dengan horor dan penuh dngn mistis. tp di sana smua terkesan indah dan ga menyeramkan..
12. yang paling seru adalah pengalaman yang ga akan bisa dibeli dan dituker dngn apapun. saiya pergi dengan temen kerja ber7 smuanya guru SD. konyol, seru abis.. karena mereka tmn deket. udah kyk sahabat gitu. krn kami udah kerja di instansi itu selama 10 tahun. bahkan ada yg lebih dari 10 tahun. keseruan itu yang ga akan bisa dilupain. kami smua udah pada nikah udah beranak-pinak. jadi kami spt single lagi. dan kadang bepergian sendiri 5 hari melupakan kejenuhan yang ada di rumah, itu perlu.. refreshing.. itu kenangan dan keseruan yang buat saiya ga bisa dibandingkan dengan apapun. mungkin singapore ga se-exotis negara lain, tapi mengunjungi negara itu dengan tmn2 dan keseruan di dlm nya, itu yang keren... krn sbnrnya kemanapun perginya, asalkan dngn orang yg kita cocok dan klik..pasti jadi seru abis..
13. tapi terakhir kali... ini yang paling penting.... ini pertama kalinya saya bisa ngucap syukur saya lahir di indo dengan air minum gratis kalo makan di warteg.. karena harga air di singapura untuk sebotol air mineral dengan es 15000 rupiyah..  gosh.. gila ga tuh.. di sana ga ada nasi kucing... kalo laper musti ke pujasera setempat dan harga nasi padang sepiring daging rendang dengan 4 potong terong dibikin tumis... setara 50rebong.. padahal di semarang 15 rebu udah kenyang...yah..bisa dibilang biaya hidup di sana mahal banget. kalo di indo makanan seharga 50 rebu udah masuk resto keren fine dine tapi di sana 50rebu setara dengan makanan rakyat jelata.huhu...

bagi anda yang punya duit bejibun, pasti gampang untuk menentukan pilihan bila ingin mengunjungi negara lain. tapi bagi backpacker dengan biaya minim, ada beberapa tips untuk menekan biaya. saya akan berikan beberapa tips dan trik agar anda bisa selamat di negeri orang, tidak bermasalah dan balik ke indo tercinta ini dengan bbrp oleh-oleh yang menarik.
1. bikin paspor
kira-kira habisnya 250ribu rupiyah.kalo dulu waktu korupsi belum diberantas, masih suruh beli blanko 8000 dapet bbrp lembar kertas fotokopi yg musti diisi plus dapet map kuning.  kalo plus bolak balik naek angkot sih tinggal tambah sendiri penambahan ongkosnya.. hehe. kayaknya sih kalo ga salah, 2 minggu an lah jadinya. berkas yg musti disiapin seingetku sih : fc ktp, kk, akta lahir, surat nikah kl udah nikah, ijin kerja dari bos yg resmi sesuai dngn jenis pekerjaan yg kecantum di ktp, atau surat keterangan pelajar kalo yang masih skolah. oya,... satu hal yang penting... pastikan nama, alamat, pekerjaan yang kecantum di paspor sama dengan di ktp. biar ga ada masalah di imigrasi.
2. siap-siap setahun sebelumnya.
* silahkan rajin mencari di internet penerbangan murah yang tentu saja aman. dengan membeli tiket jauh-jauh hari sebelumnya, anda akan mendapat tiket yang murah, terutama kalo anda pengin pergi pas natal atau hari libur, biasanya kalo beli jauh hari sebelumnya, pasti lebih murah jatuhnya. saya beli airasia 1,3jt an cukup buat bolak-balik pas natal, tapi kl pas beli hari itu/sebulan sblm natal, jatuhe 1,4jt buat sekali ongkos jalan.. pilih kursi yang paling depan kalo bisa (hot sit), bisa pilih menu makanan lengkap dibanding yang duduk di bagian blkng. lagian yang hot sit bisa masuk duluan dan bisa taruh barang lebih leluasa. oya, bagi backpacker yang bawa koper, yg pake roda juga bisa masuk kabin, asal beratnya ga lebih dari 8kilo (tapi temenku kemarin bawa mungkin sekitar 10kilo tapi pake ransel, gpp).
* silahkan nabung selama setahun itu.. tiap bulan sisihkan bbrp ratus ribu buat uang makan dan jajan di sana, plus biasanya musti siap budget buat ditodong kalo balik indo.
3. cari info sebanyak-banyaknya di internet/ teman yg udah pernah tau/pernah ke negara yg mau dikunjungi dan cari tau alasan yang tepat kenapa anda mo kunjungi negara itu biar  ga nyesel kalo udah sampe sana.
4. musti siapkan jadwal tempat mana aja yg mau dikunjungi biar ga buang waktu sia2 di sana. kan ga lucu masa ke luar negeri ngabisin waktu cuma di hotel doang ga ngapa-ngapain alias pindah kasur dan tempat tidur doang.. kan ga seru..
5. yang paling penting cari tau alat transportasi mana yg paling murah untuk keliling kota, dan pastikan peta kota yg dituju.. itu penting. dan siap2 cari tau apa bahasa yang mayoritas dipakai di negara itu. biar ga bingung kalo mo pipis atau nyasar.. kalo di singapur mayoritas bisa bhs india, inggris, mandarin, melayu. jd kl bisa salah satu bhs itu, ga masalah.

okey deh, sementara itu dulu ye.. ntr sambung lagi.. Gbu all..





No comments: