Sunday, October 12, 2014

With the Blessing from the Lord God Almighty I go to Philippines

"Hatiku tenang berada dekatMu
Kaulah jawaban hidupku
Hatiku tenang berada dekatMu
Kau yang plihara hidupku

PertolonganMu begitu ajaib
Kau t'lah memikat hatiku
Disaat aku tak sanggup lagi
Disitu tanganMu bekerja
PertolonganMu begitu ajaib
Kini mataku tertuju padaMu
Kurasakan kasihMu Tuhan"
 
"bapak ki lho.. aku wis kerepotan beli bahan masak malah bapak milih makan karo abon!!" jeder... *suara pintu kubanting*
demikian kira-kira apa yang kulakukan saat liburan lebaran akan tiba.. jelas sekali kemarahanku krn aku sudah belanja untuk perlengkapan liburan krn ga mungkin ada orang jualan di bulan itu.. aku menangis sejadinya.. kubilang "Tuhan, aku ga kuat kalau harus menanggung smua ini. aku bukan ibuku dan aku ga akan bisa gantikan posisi ibuku.. aku ga bisa masak yg enak dan aku ga akan mungkin bisa jadi seorang yg bisa diandalkan.."terkadang aku merasa ketidak adilan yang terjadi. kakakku meninggalkan bpk dan seolah ga memperdulikan bpk ibuk (yg sudah meninggal skrng)  krn dia sdh punya kehidupannya sendiri... di jogja.. menelpon pun ga.. apalagi pulang.. dan aku pun ga memaksa untuk dia menelpon bpk. perih sebenarnya.. tiap kali harus berbohong pada bpk dan bilang "pak... entuk salam seko mbak tatik... anake sing bayi wis iso... bla..bla..bla.. " begitu terus... entah apakah bapak bisa mendeteksi kebohonganku atau ga... i dont knw. ..  dan kulihat wajah Tuhanku tersenyum... lalu adegan selanjutnya yang terjadi adalah... selang beberapa menit tak ada 5 menit bahkan.. adik sepupuku datang dan ia memberi aku ayam goreng utuh... dan kupeluk bapakku sambil menangis.. kukatakan aku ga bisa jadi pengganti ibuk... bla.. bla..bla.. dan hari itu bpk ku pun turut menangis..alhasil saling menangislah kami... ia hanya tak ingin merepotkan aku.. ya walaupun aku tau sbnrnya dia ga suka masakannku karena rasanya .. bisa kukatakan... cenderung aga "miring di rasa" xixi...

perjalanan pulang ke kintelan, dengan motor kumbangku... aku menangis.. dan moment besar selalu terjadi justru di atas motor kumbangku itu... Tuhan menawarkan sebuah liburan yg indah untukku.. "kris.. tak ajak jalan-jalan ya.. mau ga.." aku menolak dengan keras.. "jalan-jalan.. moh.... kalau bpk kutinggal piye... mesti repot.. ga mungkin dia kutinggal.. ga usah jalan jalan.. ga perlu.. bla..bla..bla.." dan sekali lagi Tuhanku hanya tersenyum...

sore pun tiba dan Argo bbm... dan bilang.. "mbak... bilang mamah kalian musti ke pilipin, aku kaul kekal.." gubrag!!! jujur kaget.. aku bilang ga ada duit, ya ga akan mungkin temenin mamah. argo bingung dan terus mengharap kedatanganku untuk menemani mamah. kubilang lagi.. aku ga bisa ijin, skolahku ga mungkin mengizinkan. apalagi untuk pergi selama 1 minggu. gila apa!! dulu aku ijin dpt beasiswa selama 3 minggu di tailan aja ditolak.. ini jg ga mungkin diijinkan.. apalagi aku habis pindah unit kerja.. ga mungkin ar.. udahlah mamah biar pergi sama tmnku aja lah.. dia jg bisa inggris...

Argo, adik iparku akhirnya memutuskan untuk menerima kaul kekal. setelah 7 tahun bersekolah di pilipin, keputusannya untuk melepas masa lajangnya untuk menerima Kristus sebagai pasangan hidupnya atau melajang seumur hidup sebelum dia jadi romo diterimakan tanggal 10 September 2014 di Cebu Filipina dilangsungkan.

Dari sekolah, sangat tidak mungkin aku mendapat ijin cuti untuk pergi tanggal 8-14 September 2014. berulang kali aku menolak.. tapi... bila Tuhan yang mengajak... maka dengan begitu mulusnya.. aku bisa lolos dan brangkat ke filipina.







aku bertemu dengan sahabatku di sana, namanya Eden.. baik banget.. dia temennya argo. dan selalu nemenin aku waktu aku di sana. smua berjalan lancar dan aku bahagia sekali. walaupun ada banyak hal tentang Katolik dan aku melihat sisi lain dari katolik. perjalananku begitu mengesankan... dan aku bahagia.

Eden-me-mamah-bulik is-argo



perjalanan pulang dari cebu ke semarang, kami mampir ke singapur. perjalanan ga semulus yang kubayangkan. sebelum pulang, radio mengabarkan cebu akan kena badai. jantungku langsung sesak. dan kulihat Tuhan hanya tersenyum... dan benar, saat pulang... pesawat berulang kali "horeg" kalo orang jawa bilang.. goncang hampir setiap menitnya.. padahal itu selama 4 jam perjalanan cebu-singapur... dari jam 8-12mlm.. gila lampu pesawat padam total dlm bbrp menit. bunyi tingtung kencangin sabuk pengaman berulang kali dengung.. aku bilang "Tuhan, kalau Tuhan ijinin aku pergi, Tuhan ijinin aku balik dengan selamat.. " dan Tuhan senyummm... bulik is udah doa terus.... tp anehnya mamah bisa tidur pules banget... dan kami sampai di singapur selamattt....

di singapur, waktu pulang... aneh... tiket pesawatku yg jakarta-semarang yg kubawa bareng sama boarding pas singapur-jkt ... ilang... gila... aku panik... kringet dingin.. musti cari printer bla..bla..bla.. dan tiba-tiba.. inget kl aku punya e-tiket yg kuprin 2 copian di tas... ampun.... akhirnya... lega... balik lah kami ke jkt... di jkt... tiketku yg isi bagasi 30kg ilang lagi... ampunnn.... tp sampe semarang, smua aman aja tuh... puji Tuhan aku aman aja dan balik semarang smua aman damai sentosa..
















No comments: